NOORRAQIN CICA, 195020011 (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS EKONOMI BELAJAR SISWA (Studi KuasiEksperimen pada Mata Pelajaran Dasar Program Keahlian (DPK) Kelas X di SMK PASUNDAN 1 BANDUNG Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
Pengesahann Skripsi.pdf Download (585kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
Abstract.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
Ringkesan.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (233kB) | Preview |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) |
||
Text
Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) |
||
Text
Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (199kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis ekonomi belajar siswa baik kelas eksperimen maupun kontrol sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran, serta mengetahui seberapa besar pengaruh model Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis ekonomi belajar siswa di SMK Pasundan 1 Bandung. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Pasundan 1 Bandung, tahun ajaran 2022/2023, terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X BDP 2 sebagai kelas eksperimen dan X BDP 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, pretest dan posttest, serta dokumentasi untuk menjawab permasalahan tersebut menggunakan studi Kuasieksperimen. Variabel penelitian ini terdiri dari pengaruh model pembelajaran Project Based Learning ( PJBL ) sebagai variabel bebas (X), dan kemampuan berpikir kritis sebagai variabel terkait (Y). Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol dimana hasil posttest kelas eksperimen yaitu 47,19 % dan hasil posttest kelas kontrol 39,20%. Meningkatnya kemampuan berpikir kritis dengan pengujian hipotesis (uji-t) posttest dapat dilihat bahwa nilai probabilitas signifikasi sebesar 0,00 atau lebih kecil 0.05 yang artinya hipotesis yang model project based learning (X) pada mata pelajaran dasar program keahlian (DPK) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis(Y) sebesar 14,91% pada siswa kelas X BDP 2 tahun ajaran 2022/2023 di SMK Pasundan 1 Bandung. Kata Kunci : Model Project Based Learning, Kemampuan berpikir kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 03 Nov 2023 07:12 |
Last Modified: | 03 Nov 2023 07:12 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67380 |
Actions (login required)
View Item |