PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ

RACHWATY ARAMY PRIMA, 195050055 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (252kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Siswa harus memiliki kemampuan koneksi matematis, karena hal ini memungkinkan mereka untuk menghargai koherensi matematika. Namun, para siswa belum sepenuhnya memiliki kemampuan ini. Siswa juga harus memiliki tingkat self-efficacy yang tinggi agar dapat mengontrol dan melaksanakan berbagai tindakan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Pada kenyataannya, selfefficacy siswa masih di bawah standar. Salah satu metode untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan self-efficacy siswa dalam proses pembelajaran adalah dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dipadukan dengan Quizizz. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) untuk melihat apakah siswa yang memperoleh model CTL dengan bantuan Quizizz memiliki kemampuan koneksi matematis dan self-efficacy lebih kuat daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran tradisional.; (2) untuk melihat apakah siswa yang menerima model CTL dengan bantuan Quizizz memiliki self-efficacy yang lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran tradisional;; (3) untuk melihat apakah ada korelasi antara kemampuan koneksi matematis dan self-efficacy; (4) Menentukan apakah efektivitas CTL berbantuan Quizizz terhadap kemampuan koneksi matematis dan self-efficacy siswa termasuk dalam kategori tinggi. Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII B dan VII G di SMPN 16 Bandung. Instrumen tes terdiri dari soal uraian kemampuan koneksi matematis, sedangkan instrumen non-tes berupa angket selfefficacy. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa: (1) siswa yang memperoleh model CTL berbantuan Quizizz lebih baik kemampuan koneksi matematisnya dibandingkan dengan siswa yang memperoleh model konvensional; (2) Siswa yang menerima model CTL dengan bantuan Quizizz menunjukkan self-eficacy yang lebih kuat dibandingkan dengan siswa yang memperoleh model tradisional.; (3) Terdapat korelasi yang baik antara kemampuan koneksi matematis dan self-efficacy siswa yang memperoleh model CTL berbantuan Quizizz; dan (4) CTL berbantuan Quizizz memiliki keefektifan yang tinggi terhadap kemampuan koneksi matematis dan selfefficacy siswa. Kata Kunci: Kemampuan Koneksi Matematis, Self-Efficacy, Model Contextual Teaching and Learning (CTL), Quizizz

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 10 Oct 2023 08:34
Last Modified: 10 Oct 2023 08:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67163

Actions (login required)

View Item View Item