PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DAN HABITS OF MIND SISWA SMP MELALUI MODEL BRAIN BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA

PRATAMA ERVINA OCTAVIANY PUTRY, 195050032 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DAN HABITS OF MIND SISWA SMP MELALUI MODEL BRAIN BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (795kB) | Preview
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (334kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan literasi matematika merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa karena menjadi tuntutan pembelajaran pada abad 21 ini. Model BBL yang menggunakan GeoGebra, dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika dan habits of mind siswa. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan literasi matematika siswa yang memperoleh model BBL berbantuan GeoGebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori, 2) untuk mengetahui apakah habits of mind siswa yang memperoleh model BBL berbantuan GeoGebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori, dan 3) untuk mengetahui apakah terdapat korelasi yang terjadi antara kemampuan literasi matematika dan habits of mind siswa yang memperoleh model BBL berbantuan GeoGebra. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian yaitu nonequivalent control group design. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 43 Bandung dengan sampel penelitian siswa kelas VIII-B digunakan sebagai kelas eksperimen yang menerima perlakuan model BBL dan siswa kelas VIII-A digunakan sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan model pembelajaran ekspositori. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan literasi matematika dan angket habits of mind. Hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) Peningkatan kemampuan literasi matematika siswa yang memperoleh model BBL berbantuan GeoGebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori, 2) habits of mind siswa yang memperoleh model BBL berbantuan GeoGebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori, dan 3) terdapat korelasi yang terjadi antara kemampuan literasi matematika dan habits of mind siswa yang memperoleh model BBL berbantuan GeoGebra. Kata Kunci: Literasi Matematika, Habits of Mind, Model Brain Based Learning, GeoGebra

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 10 Oct 2023 07:10
Last Modified: 10 Oct 2023 07:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67088

Actions (login required)

View Item View Item