Nursalam, Muhammad Iqbal (2023) ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN QRIS PADA TRANSAKSI PENJUALAN DI ET COFFEE BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
|
Text
1. Cover.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar pengesahan.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
4. Abstrak.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
5. Kata Pengantar.pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text
6. Daftar isi.pdf Download (353kB) | Preview |
|
|
Text
9. Bab 1.pdf Download (618kB) | Preview |
|
|
Text
10. Bab 2.pdf Download (787kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (316kB) | Preview |
Abstract
Dalam mewujudkan sistem pembayaran yang mudah, aman, dan efisien. Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) terus melakukan penyempurnaan dan pengembangan sistem pembayaran QRIS agar efektif. Pengembangan ini bertujuan untuk mengurangi risiko pembayaran antar bank dan peningkatan efisiensi pelayanan jasa sistem pembayaran nontunai. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagai mana gambaran umum perusahaan? 2) Bagaimana praktik penggunaan QRIS pada transaksi penjualan di Et Coffee Bandung ? 3) Bagaimana efektivitas penggunaan QRIS pada transaksi penjualan di Et Coffee Bandung? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Gambaran umum perusahaan 2) Untuk mengetahui praktik penggunaan QRIS pada transaksi penjualan di Et Coffee Bandung 2) Untuk mengetahui efektivitas penggunaan QRIS pada transaksi penjualan di Et Coffee Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di Et Coffee yang bertempat di Jl Taman Pramuka No.161, kota Bandung. Penentuan informan menggunakan teknik sampling jenuh dan incidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian,: Praktik penggunaan QRIS pada transaksi penjualan di Et Coffee Bandung diawali dengan pembeli yang menyampaikan kepada karyawan untuk melakukan pembayaran dengan nontunai, maka karyawan akan mengarahkan pembeli untuk memindai QR Code kemudian mengetik jumlah nominal yang akan dibayarkan, lalu saldo pembeli otomatis berkurang. Selanjutnya Efektivitas penggunaan QRIS pada transaksi penjualan di Et Coffee mengacu pada pengukuran keberhasilan sistem informasi, terdapat 6 indikator yaitu diantaranya: Kualitas sistem, Kualitas informasi, Kualitas pelayanan, Pengguna, Kepuasan pengguna, dan Keuntungan bersih. Berdasarkan hasil analisis penulis dapat dikatakan efektif. Kata Kunci : Efektivitas, QRIS, dan transaksi penjualan
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2023 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 27 Sep 2023 19:39 |
Last Modified: | 27 Sep 2023 19:39 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65415 |
Actions (login required)
View Item |