IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN YANG DIKEMBANGKAN DENGAN ARTICULATE STORYLINE SEBAGAI KOMPONEN TPACK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM

APRILIA, SALSABILA KHARISMA, 195040087 (2023) IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN YANG DIKEMBANGKAN DENGAN ARTICULATE STORYLINE SEBAGAI KOMPONEN TPACK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. LEMBAR PENGUJI SALSABILA.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstract.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Ringkesan.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Bab I.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. Bab II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
12. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (706kB)
[img] Text
13. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[img] Text
14. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img]
Preview
Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (352kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kesulitan peserta didik untuk mengembangkan kemampuan berpikir analitis dalam memahami materi Ekosistem memerlukan media pembelajaran yang bersifat interaktif agar peserta didik dapat berinteraksi langsung selama pembelajaran. Penggunaan kerangka kerja TPACK dengan memanfaatkan media pembelajaran Articulate Storyline dapat meningkatkan interaksi, motivasi belajar dan aktivitas belajar peserta didik. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan analisis peserta didik dalam implementasi media pembelajaran yang dikembangkan dengan aplikasi Articulate Storyline dalam kerangka kerja TPACK pada materi Ekosistem. Metode penelitian menggunakan Pre-Experimental Design yang dirancang dengan One-Group Pretest-Posttest Design. SMA Pasundan 2 Bandung jadi tempat penelitian dengan sampel 35 peserta didik di kelas X MIPA 4 yang dipilih dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian untuk mengukur kemampuan analisis peserta didik menggunakan soal pilihan ganda, untuk mengukur respon peserta didik menggunakan instrumen non test berupa kuesioner. Nilai rata-rata pretest 72, ratarata posttest 93 dengan N-gain sebesar 63% termasuk kategori tinggi. Rata-rata persentase respon peserta didik yang menjawab ‘Ya” 96% dan jawaban “Tidak” 4%. Implementasi media pembelajaran yang dikembangkan dengan Articulate Storyline sebagai komponen TPACK dalam pembelajaran materi Ekosistem dapat meningkatkan kemampuan analisis peserta didik. Saran untuk penelitian selanjutnya agar mempersiapkan waktu yang cukup untuk menyusun kerangka (storyboard) sehingga dihasilkan media pembelajaran yang bisa menarik perhatian peserta didik. Kata Kunci : Articulate Storyline, Ekosistem, TPACK

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 26 Sep 2023 06:45
Last Modified: 26 Sep 2023 06:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65265

Actions (login required)

View Item View Item