APRILIA, SALSABILA KHARISMA, 195040087 (2023) IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN YANG DIKEMBANGKAN DENGAN ARTICULATE STORYLINE SEBAGAI KOMPONEN TPACK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
3. LEMBAR PENGUJI SALSABILA.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstrak.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstract.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
8. Ringkesan.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
10. Bab I.pdf Download (368kB) | Preview |
|
|
Text
11. Bab II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
12. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (706kB) |
||
Text
13. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (531kB) |
||
Text
14. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
||
|
Text
15. Daftar Pustaka.pdf Download (352kB) | Preview |
Abstract
Kesulitan peserta didik untuk mengembangkan kemampuan berpikir analitis dalam memahami materi Ekosistem memerlukan media pembelajaran yang bersifat interaktif agar peserta didik dapat berinteraksi langsung selama pembelajaran. Penggunaan kerangka kerja TPACK dengan memanfaatkan media pembelajaran Articulate Storyline dapat meningkatkan interaksi, motivasi belajar dan aktivitas belajar peserta didik. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan analisis peserta didik dalam implementasi media pembelajaran yang dikembangkan dengan aplikasi Articulate Storyline dalam kerangka kerja TPACK pada materi Ekosistem. Metode penelitian menggunakan Pre-Experimental Design yang dirancang dengan One-Group Pretest-Posttest Design. SMA Pasundan 2 Bandung jadi tempat penelitian dengan sampel 35 peserta didik di kelas X MIPA 4 yang dipilih dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian untuk mengukur kemampuan analisis peserta didik menggunakan soal pilihan ganda, untuk mengukur respon peserta didik menggunakan instrumen non test berupa kuesioner. Nilai rata-rata pretest 72, ratarata posttest 93 dengan N-gain sebesar 63% termasuk kategori tinggi. Rata-rata persentase respon peserta didik yang menjawab ‘Ya” 96% dan jawaban “Tidak” 4%. Implementasi media pembelajaran yang dikembangkan dengan Articulate Storyline sebagai komponen TPACK dalam pembelajaran materi Ekosistem dapat meningkatkan kemampuan analisis peserta didik. Saran untuk penelitian selanjutnya agar mempersiapkan waktu yang cukup untuk menyusun kerangka (storyboard) sehingga dihasilkan media pembelajaran yang bisa menarik perhatian peserta didik. Kata Kunci : Articulate Storyline, Ekosistem, TPACK
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 06:45 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 06:45 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65265 |
Actions (login required)
View Item |