NURHAMIDAH, 195060143 (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA REALIA PADA SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuantitatif Pre-Experimental pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas II SDN Narimbang II Kabupaten Sumedang. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
KAVER.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (240kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (510kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (247kB) | Preview |
Abstract
Rendahnya hasil belajar matematika salah satunya disebabkan kurangnya inovasi dalam penggunaan media pembelajaran menyebabkan siswa kurang antusias dalam memahami dan memperhatikan pada saat proses pembelajaran. Dengan demikian penulis tertarik dengan menggunakan media realia untuk membantu meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas II. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar kelas II SDN Narimbang II sebelum dan sesudah penggunaan media realia. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Eksperimen One Group Pretest-Posttest, dengan sampel siswa kelas II SDN Narimbang II yang menjadi kelas eksperimen dengan jumlah 27 siswa. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan tes dengan soal dan nontes dengan angket. Penggunaan tes berupa pretest dan posttes yang diberikan kepada kelas eksperimen. Setelah data hasil tes didapat, penulis melakukan analisis dengan berbantuan aplikasi SPSS 22 didapat hasil uji normalitas dengan hasil sig 0,151 yang berarti normal, dilanjutkan Paired Sample TTes didapat hasil sig. (2-tailed) yaitu 0,000, maka nilai 0,000 < 0,05 dan dilakukan juga uji N-Gain didapat hasil sebesar 0,5640. Serta dilakukan uji regresi linear sederhana untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media realia terhadap hasil belajar dan didapat hasil 0,442 atau 44,2% yang berarti pengaruh media realia terhadap hasil belajar sebesar 44,2%. Maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar sesudah menggunakan media realia lebih tinggi daripada sebelum menggunakan media realia. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Media Realia
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 06:15 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 06:15 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65115 |
Actions (login required)
View Item |