IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK (Penelitian di Kelas V SDN Pasirluhur Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung)

TANIA, RAHMA, 195060095 (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK (Penelitian di Kelas V SDN Pasirluhur Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (687kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (819kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (436kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi pegumpulan dan penyajian data dikarenakan guru masih kurang dalam menggunakan model pembelajaran, sehingga nilai ulangan harian yang diperoleh peserta didik belum tercapai sesuai dengan harapan. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian implementasi model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menggunaan model pembelajaran kontekstual dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan memiliki efek yang besar dalam meningkatkan kemampuan pemecahaman masalah matematis peserta didik. Hal tersebut dibuktikan oleh uji-t pada nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,005 < 0,05 dikatakan terdapat perbedaan yang signifikan dan memiliki efektivitas yang besar dibuktikan dengan uji effect size sebesar 0,95 dengan interpretasi dalam kategori besar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kontekstual dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 14 Sep 2023 07:48
Last Modified: 14 Sep 2023 07:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65081

Actions (login required)

View Item View Item