PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS III SDN 033 ASMI KOTA BANDUNG (Penelitian Kuasi Eksperimen)

GUNAWAN, MUHAMMAD ALDI, 195060072 (2023) PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS III SDN 033 ASMI KOTA BANDUNG (Penelitian Kuasi Eksperimen). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (544kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (954kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (457kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model Discovery Learning dengan siswa yang menggunakan model konvensional, serta mengetahui seberapa pengaruh penggunaan model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada kelas III di SDN 033 Asmi Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian yaitu kuasi eksperimen (Quasi Eksperimental Design). Sampel pada penelitian ini adalah kelas III A sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis dan observasi. Tes yang digunakan yakni menggunakan pretest dan posttest yang dijadikan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan uji-t data nilai posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji indipendent sample t test dengan software IBM SPSS Statistic 26 untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, kemudian uji effect size untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa. Dari perhitungan menggunakan uji indipendent sample t test diperoleh nilai Sig sebesar 0,004 (Sig. < 0,005) yang berarti dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kemudian pengaruh dalam penggunaan model Discovery Learning dapat dilihat dari perolehan uji effect size sebesar 0,77 dengan interpretasi dalam kategori besar pada hasil belajar peserta didik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas di III SDN 033 Asmi Kota Bandung. Kata kunci: Model Discovery Learning, Hasil Belajar, Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 13 Sep 2023 08:41
Last Modified: 13 Sep 2023 08:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65072

Actions (login required)

View Item View Item