GUNAWAN, MUHAMMAD ALDI, 195060072 (2023) PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS III SDN 033 ASMI KOTA BANDUNG (Penelitian Kuasi Eksperimen). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf Download (574kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (544kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (529kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (954kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (457kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model Discovery Learning dengan siswa yang menggunakan model konvensional, serta mengetahui seberapa pengaruh penggunaan model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada kelas III di SDN 033 Asmi Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian yaitu kuasi eksperimen (Quasi Eksperimental Design). Sampel pada penelitian ini adalah kelas III A sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis dan observasi. Tes yang digunakan yakni menggunakan pretest dan posttest yang dijadikan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan uji-t data nilai posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji indipendent sample t test dengan software IBM SPSS Statistic 26 untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, kemudian uji effect size untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa. Dari perhitungan menggunakan uji indipendent sample t test diperoleh nilai Sig sebesar 0,004 (Sig. < 0,005) yang berarti dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kemudian pengaruh dalam penggunaan model Discovery Learning dapat dilihat dari perolehan uji effect size sebesar 0,77 dengan interpretasi dalam kategori besar pada hasil belajar peserta didik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas di III SDN 033 Asmi Kota Bandung. Kata kunci: Model Discovery Learning, Hasil Belajar, Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 08:41 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 08:41 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65072 |
Actions (login required)
View Item |