PENGGUNAAN MODEL TWO STAY-TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS IV (Metode Penelitian Kuantitatif dengan Pendekatan Quasi Experimental padasiswa Kelas IV SDN Sukadana Kecamatan Ciparay Kab. Bandung)

RUSPANDINPM, DIAR ILHAM (2023) PENGGUNAAN MODEL TWO STAY-TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS IV (Metode Penelitian Kuantitatif dengan Pendekatan Quasi Experimental padasiswa Kelas IV SDN Sukadana Kecamatan Ciparay Kab. Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (723kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi Belajar dengan menggunakan model Two StayTwo Stray. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Sukadana Kecamatan Ciparay dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang dalam belajar di dalam proses pembelajaran dan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM karena guru kurang mengenal beberapa metode dan belum menggunakan Model Two Stay-Two Stray Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Quasi Experimet Desigh dengan menggunakan sistem yang terdiri dari, observasi, wawancara, pretest, postest dan dekumentasi dibantu SPSS 29.0 untuk menghitung data yang didapat.Dengan populasi sebanyak 74 siswa. Teknik yang digunakan adalah dengan pengumpulan data Metode tes ini dilakukan sebelum adanya perlakuan/treatment dan setelah diberikan perlakuan/treatment. Untuk mengetahui hasil tes dari penelitian digunakan teknik tanya jawab langsung.tanya jawab adalah metode yang memungkinkan terjadinya komunikasi langsung yang bersifat two way traffic sebab pada saat yang sama terjadi dialog antara guru dengan siswa. Tanya jawab ini dilakukan oleh guru juga peneliti guna mengetahui data peningkatan Motivasi Belajar berdasarkan instrumen penelitian. Setelah itu diambil sample untuk kelas Eksperiment yaitu kelas IVA dengan 37 siswa dan kelas IVB sebagaikelas control dengan jumlah siswa 37 jadi total keseluruhan 74 siswa. Berdasarkan hasil Uji Hipotesis, setelah perlakuan terdapat varian data yang layak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, pretest dan postest. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Two Stay-Two Stray untuk meningkatkan Motivasi Belajar siswa kelas IV SDN Sukadana Kecamatan Ciparay Berdasarkan hasi uji Independent sample T Test di dapat nilai Sig. (2-tailed) atau (Significance Two Side-p) sebesar, 0,001 > 0,05, yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini didukung dengan nilai rata-rata dari kelas eksperimen sebesar 81,162 dan kelas kontrol sebesar 72,65. Kata Kunci: Two Stay-Two Stray, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 12 Sep 2023 08:40
Last Modified: 12 Sep 2023 08:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65059

Actions (login required)

View Item View Item