PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK BERORIENTASI PADA PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL RADEC (READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, CREATE) DI KELAS XI SMKN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Wardani, Adriansyah Kusuma (2023) PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK BERORIENTASI PADA PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL RADEC (READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, CREATE) DI KELAS XI SMKN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstract.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Ringkesan.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Bab I.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Bab II.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text
11. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] Text
12. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
13. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

Kemampuan menulis merupakan kemampuan berbahasa yang paling dianggap sulit di sekolah. Kurang diperhatikannya keberlangsungan pembelajaran menulis membuat peserta didik tidak kreatif dalam menciptakan karya tulis seperti cerpen. Penggunaan model pembelajaran yang tidak terfokus terhadap pemahaman serta pada pemberian ruang mengkreasi menjadi masalah utama penyebab sulitnya kemampuan menulis cerita pendek di sekolah. Maka dari itu, menjadi penting untuk memilih model pembelajaran yang memberi ruang untuk hal-hal terkait. Dengan demikian, tujuan penelitian ini tidak lain untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen dan kreativitas peserta didik pada pembelajaran menulis cerpen di sekolah. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menjabarkan efektivitas Model RADEC dalam pembelajaran menulis cerpen dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun. Serta memamparkan perbedaan hasil kemampuan menulis dan kreativitas peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan model RADEC dan kelas kontrol yang menggunakan model diskusi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen kuasi dengan bentuk nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka, uji coba, observasi dan tes. Data yang dikumpulkan adalah hasil pretest, posttest dan penilaian kreativtias dari kelas eksperimen dan kelas kontrol peserta didik kelas XI SMKN 3 Bandung. Hasil yang diperoleh berdasarkan uji wilcoxon adalah nilai Asymp. Sig. (2-tailed) menunjukkan 0,000 < 0,05 artinya dapat disimpulkan, bahwa terdapat perbedaan kemampuan menulis cerpen yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan model RADEC dengan kelas kontrol yang menggunakan model diskusi. Adapun hasil dari uji mann whitney adalah Asymp. Sig. (2-tailed) menunjukkan 0,000 < 0,05 artinya model RADEC efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerita pendek. Kata kunci: Model RADEC, menulis, cerita pendek, kreativitas.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 12 Sep 2023 06:23
Last Modified: 12 Sep 2023 06:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65054

Actions (login required)

View Item View Item