PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SDN GEKBRONG 1 KABUPATEN CIANJUR (Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas IV pada Mata Pelajaran IPAS Tahun Ajaran 2022/2023)

YOTANI, FRISKA, 195060081 (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SDN GEKBRONG 1 KABUPATEN CIANJUR (Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas IV pada Mata Pelajaran IPAS Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] Text
12. BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya permasalahan di lapangan mengenai masih rendahnya hasil belajar siswa serta proses pembelajaran yang dilihat masih kurang inovatif. Proses belajar yang masih didominasi oleh guru serta masih menggunakan model konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Gekbrong 1 Kabupaten Cianjur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian kuasi eksperimen (Quasi Eksperimental Desigen) tipe Nonequivalent control group desigen. Sample penelitian ini adalah kelas IV A yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel penelitian ini yaitu dengan teknik sampling Nonprobability Sampling jenis Sampling Jenuh (Saturation Sampling). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t dan uji effect size. Data nilai posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol selanjutnya diuji hipotesis dengan menggunakan rumus independent sample t-test untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap pengingkatan hasil belajar siswa, serta di uji effect size untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa. Hasil perhitungan menggunakan rumus independent sample t-test diketahui bahwa hasil pada equal variances assumed pada nilai Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 < 0,005, maka bisa diartikan bahwa HO ditolak dan Ha diterima, sehingga dikatakan hipotesis dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh signifikan pada skor posttest hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan pada hasil perhitungan menggunakan uji effect size tersebut diketahui bahwa nilai akhir sebesar 1,61. Artinya dari kedua uji yang telah dilakukan peneliti dapat menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model problem based learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Gekbrong 1 Kabupaten Cianjur. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 11 Sep 2023 02:16
Last Modified: 11 Sep 2023 02:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65033

Actions (login required)

View Item View Item