YOTANI, FRISKA, 195060081 (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SDN GEKBRONG 1 KABUPATEN CIANJUR (Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas IV pada Mata Pelajaran IPAS Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (286kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (411kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) |
||
Text
12. BAB V .pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (131kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya permasalahan di lapangan mengenai masih rendahnya hasil belajar siswa serta proses pembelajaran yang dilihat masih kurang inovatif. Proses belajar yang masih didominasi oleh guru serta masih menggunakan model konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Gekbrong 1 Kabupaten Cianjur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian kuasi eksperimen (Quasi Eksperimental Desigen) tipe Nonequivalent control group desigen. Sample penelitian ini adalah kelas IV A yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel penelitian ini yaitu dengan teknik sampling Nonprobability Sampling jenis Sampling Jenuh (Saturation Sampling). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t dan uji effect size. Data nilai posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol selanjutnya diuji hipotesis dengan menggunakan rumus independent sample t-test untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap pengingkatan hasil belajar siswa, serta di uji effect size untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa. Hasil perhitungan menggunakan rumus independent sample t-test diketahui bahwa hasil pada equal variances assumed pada nilai Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 < 0,005, maka bisa diartikan bahwa HO ditolak dan Ha diterima, sehingga dikatakan hipotesis dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh signifikan pada skor posttest hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan pada hasil perhitungan menggunakan uji effect size tersebut diketahui bahwa nilai akhir sebesar 1,61. Artinya dari kedua uji yang telah dilakukan peneliti dapat menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model problem based learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Gekbrong 1 Kabupaten Cianjur. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 02:16 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 02:16 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65033 |
Actions (login required)
View Item |