PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA INSPIRATIF BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TIKTOK PADA PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMP AL-IHSAN CIMENCRANG

Husnayaini, Aruni, 195030064 (2023) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA INSPIRATIF BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TIKTOK PADA PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMP AL-IHSAN CIMENCRANG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
(1) COVER UNPAS.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
(2) LEMBAR PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(3) LEMBAR PENGESAHAN PENGUJI.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(7) ABSTRAK INDO.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
(8) ABSTRAK ING.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
(9) ABSTRAK SUN.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
(14) BAB I.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(15) BAB II.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
(16) BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
(17) BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
(18) BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
(19) DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis khususnya menulis teks cerita inspiratif. Hal ini disebabkan oleh peserta didik yang merasa tidak memiliki bakat dan tidak mampu menuangkan kreativitasnya ke dalam tulisan, serta kurang efektifnya media pembelajaran yang digunakan oleh pendidik. Salah satu media pembelajaran yang dapat menumbuhkan minat dan kreativitas peserta didik yaitu media audio visual TikTok. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis teks cerita inspiratif, untuk mengetahui efektivitas pembelajaran menulis teks cerita inspiratif menggunakan media audio visual TikTok, serta untuk mengetahui perbedaan kemampuan peserta didik dalam menulis teks cerita inspiratif antara kelas eksperimen dengan menggunakan media audio visual TikTok dan kelas kontrol yang menggunakan media gambar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen kuasi. Teknik pengumpulan data berupa studi pustaka, teknik uji coba, teknik tes, observasi, dan teknik analisis. Data yang diperoleh adalah data pretes dan postes dari kelas eksperimen dan kontrol peserta didik kelas IX SMP AlIhsan Cimencrang. Hasil penelitian menunjukkan (1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran menulis teks cerita inspiratif menggunakan media pembelajaran audio visual TikTok dengan nilai 3,8 (2) adanya peningkatan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menulis teks cerita inspiratif menggunakan media audio visual TikTok dari nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 31,54 meningkat menjadi 86,92 pada saat postes, (3) Media audio visual TikTok efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis teks cerita inspiratif dibandingkan media gambar, hal ini dibuktikan oleh Uji Mann Whitney dengan hasil signifikansi 0,000. Karena nilai Sig 0,000 < 0,05 maka hipotesis yang menyatakan bahwa media audio visual TikTok efektif dalam pembelajaran menulis teks cerita inspiratif diterima, (4) adanya perbedaan hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam pembelajaran menulis teks cerita inspiratif, pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata postes 86,92 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata postes 56,92. Berdasarkan pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis teks cerita inspiratif menggunakan media audio visual TikTok pada peserta didik kelas IX SMP Al-Ihsan Cimencrang berhasil menunjukkan peningkatan hasil pembelajaran. Kata Kunci: Menulis, Teks Cerita Inspiratif, dan TikTok

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 02 Sep 2023 07:08
Last Modified: 02 Sep 2023 07:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64923

Actions (login required)

View Item View Item