ROHMAHWATI, WINEKE, 195020075 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di SMA Negeri 19 Bandung Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1.COVER DEPAN.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf Download (631kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (290kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (334kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran, serta mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 19 Bandung. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 19 Bandung, tahun ajaran 2022/2023, terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI-H sebagai kelas ekperimen dan XI-G sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, pretest dan posttest, dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan untuk menjawab permasalah tersebut menggunakan pendekatan kuantitatif dan studi kuasi eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dimana pada kelas eksperimen skor pretest yaitu 55,76 dan skor posttest yaitu 84,73, sedangkan pada kelas kontrol skor pretest yaitu 54,44 dan skor posttest yaitu 67,50. Meningkatnya kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan pengujian hipotesis dapat dilihat bahwa nilai signifikansi sebesar 0,00 atau lebih kecil dari 0,05 yang artinya hipotesis yang berbunyi terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) peserta didik pada mata pelajaran ekonomi meningkat sebesar 28,97%. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada guru agar aktif dalam memberikan pembelajaran dengan memanfaatkan berbagai model pembelajaran. Bagi kepala sekolah diharapkan mampu meningkatkan fasilitas penunjang pembelajaran. Bagi kepala sekolah baiknya memberikan pengarahan kepada guru untuk mengembangkan model pembelajaran. Bagi siswa diharapkan dapat lebih aktif dalam pembelajaran. Bagi peneliti selanjutnya sebaiknya melakukan penelitian lebih lanjut di sekolah yang berbeda. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 25 Aug 2023 02:46 |
Last Modified: | 25 Aug 2023 02:46 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64802 |
Actions (login required)
View Item |