PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DALAM PEMBELAJARAN PECAHAN SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) (penelitian pre-experimental di SDN GIRIMUKTI Kab. Bandung Barat)

YATI, NENG, 165060096 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DALAM PEMBELAJARAN PECAHAN SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) (penelitian pre-experimental di SDN GIRIMUKTI Kab. Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
0. COVER Neng Yati.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan Neng Yati .pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK indonesia.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABTRACT .pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (569kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan Siswa Kelas Kelas IV SDN GIRIMUKTI belum dapat menguasai konsep matematika yang akan digunakan untuk menyelesaikan masalah. Hal in disebabkan karena kurangnya penguasaan konsep dasar yang berkaitan dengan materi tersebut. penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain PreEksperimental Dengan Tipe One Group Pretest Posttest Design. Hasil pretest untuk kemampuan pemahaman konsep matematis siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,57 dan hasil postest kemampuan pemahaman konsep matematis siswa diperoleh nilai ratarata 7,90 selanjutnya nilai N-gain hasil belajar siswa sebesar 0,62 dengan kategori sedang. Peningkatan kemapuan pemahaman konsep matematis sebesar 3,33 dengan kategori sedang dikarenakan dalam penerapan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan pendekaatan Realistic Mathematics Education (RME) ini guru dapat membimbing siswa dalam melakukan eksperimen terhadap pengetahuan siswa dan proses yang siswa gunakan dalam menyelesaikan masalah. Dari nilai rata-rata pretest dan posttest kemampuan pemahaman konsep matematis menunjukkan adanya perbedaan nilai yang memiliki perbedaan signifikan yang berarti adanya keberhasilan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa serta respon Guru dan siswa terhadap penerapan pendekatan (RME) sudah baik yaitu angket guru memperoleh 87% dan siswa 77%. Sejalan dengan penelitian Irawati, (2016) menyatakan bahwa secara umum respon siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan (RME) yaitu positif. Kata Kunci: Pemahaman Konsep matematis, Realistic Mathematics Education (RME)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 25 Aug 2023 01:53
Last Modified: 25 Aug 2023 01:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64796

Actions (login required)

View Item View Item