YATI, NENG, 165060096 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DALAM PEMBELAJARAN PECAHAN SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) (penelitian pre-experimental di SDN GIRIMUKTI Kab. Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
0. COVER Neng Yati.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan Neng Yati .pdf Download (609kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK indonesia.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
ABTRACT .pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I .pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (569kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (636kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (363kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (307kB) | Preview |
Abstract
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan Siswa Kelas Kelas IV SDN GIRIMUKTI belum dapat menguasai konsep matematika yang akan digunakan untuk menyelesaikan masalah. Hal in disebabkan karena kurangnya penguasaan konsep dasar yang berkaitan dengan materi tersebut. penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain PreEksperimental Dengan Tipe One Group Pretest Posttest Design. Hasil pretest untuk kemampuan pemahaman konsep matematis siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,57 dan hasil postest kemampuan pemahaman konsep matematis siswa diperoleh nilai ratarata 7,90 selanjutnya nilai N-gain hasil belajar siswa sebesar 0,62 dengan kategori sedang. Peningkatan kemapuan pemahaman konsep matematis sebesar 3,33 dengan kategori sedang dikarenakan dalam penerapan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan pendekaatan Realistic Mathematics Education (RME) ini guru dapat membimbing siswa dalam melakukan eksperimen terhadap pengetahuan siswa dan proses yang siswa gunakan dalam menyelesaikan masalah. Dari nilai rata-rata pretest dan posttest kemampuan pemahaman konsep matematis menunjukkan adanya perbedaan nilai yang memiliki perbedaan signifikan yang berarti adanya keberhasilan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa serta respon Guru dan siswa terhadap penerapan pendekatan (RME) sudah baik yaitu angket guru memperoleh 87% dan siswa 77%. Sejalan dengan penelitian Irawati, (2016) menyatakan bahwa secara umum respon siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan (RME) yaitu positif. Kata Kunci: Pemahaman Konsep matematis, Realistic Mathematics Education (RME)
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 25 Aug 2023 01:53 |
Last Modified: | 25 Aug 2023 01:53 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64796 |
Actions (login required)
View Item |