KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-CONCEPT SISWA SMP MELALUI MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) BERBANTUAN MICROSOFT EXCEL

AFIFAH, HAIFA NISY-YAH, 195050005 (2023) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-CONCEPT SISWA SMP MELALUI MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) BERBANTUAN MICROSOFT EXCEL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (125kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) Mengetahui apakah peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan model Creative Problem Solving (CPS) berbantuan Microsoft Excel lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (2) Mengetahui apakah selfconcept antara siswa yang menggunakan model Creative Problem Solving (CPS) berbantuan Microsoft Excel lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (3) Mengetahui apakah terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kritis matematis dan self-concept siswa yang menggunakan model Creative Problem Solving (CPS) berbantuan Microsoft Excel; (4) Mengetahui apakah terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kritis matematis dan self-concept siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pasirjambu. Sedangkan, sampel dari penelitian ini meliputi dua kelas, yaitu kelas VIII J sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran menggunakan model Creative Problem Solving (CPS) dengan bantuan Microsoft Excel, dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan berpikir kritis matematis dalam bentuk soal uraian dan selfconcept dalam bentuk angket. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan model Creative Problem Solving (CPS) berbantuan Microsoft Excel lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (2) Self-concept siswa yang menggunakan pembelajaran menggunakan model Creative Problem Solving (CPS) berbantuan Microsoft Excel lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (3) Terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kritis matematis dan self-concept siswa yang menggunakan model Creative Problem Solving (CPS) berbantuan Microsoft Excel; (4) Terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kritis matematis dan self-concept siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional Kata kunci: CPS, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Self-concept

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 23 Aug 2023 06:24
Last Modified: 23 Aug 2023 06:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64776

Actions (login required)

View Item View Item