Siregar, Lena Hotria, 195050034 (2023) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
5. Abstrak.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstract.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
7. Ringkesan.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
9. Bab I.pdf Download (562kB) | Preview |
|
|
Text
10. Bab II.pdf Download (943kB) | Preview |
|
Text
11. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (531kB) |
||
Text
12. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
13. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
||
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (243kB) | Preview |
Abstract
Salah satu penyebab nilai matematika siswa yang rendah adalah kurangnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa perlu menerapkan model pembelajaran yang efektif, salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah model Discovery Learning berbantuan Wordwall. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan Wordwall lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran Ekspositori, untuk mengetahui apakah kemampuan Selfconfidence siswa SMP yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan Wordwall lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran Ekspositori, untuk mengetahui apakah terdapat korelasi positif yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis matematis dan Self-confidence siswa SMP yang memperoleh model Discovery Learning dengan berbantuan Wordwall. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimen) dengan jenis penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 43 Bandung dengan sampelnya siswa kelas VIII yang dipilih menurut pertimbangan tertentu dengan jumlah sampel 60 siswa, diantaranya kelas eksperimen yaitu VIII-F sebanyak 30 siswa dan kelas kontrol yaitu VIII-G sebanyak 30 siswa . Instrumen dalam penelitian ini berupa tes kemampuan berpikir kritis matematis dan angket Self-confidence. Instrumen tes kemampuan berpikir kritis matematis diberikan saat pre-test dan Post-test, sedangkan angket Selfconfidence diberikan saat Post-test. Analisis data hasil penelitian menggunakan bantuan Software IBM SPSS 24 for Windows. Berdasarkan analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan Wordwall lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran Ekspositori. 2) Kemampuan Selfconfidence siswa SMP yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan Wordwall lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran Ekspositori. 3) Terdapat korelasi positif yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis matematis dan Self-confidence siswa SMP yang memperoleh model Discovery Learning dengan berbantuan Wordwall. Kata Kunci: Kemampuan berpikir kritis matematis, Self-confidence, Model Discovery Learning, dan Wordwall.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 23 Aug 2023 02:42 |
Last Modified: | 23 Aug 2023 02:42 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64772 |
Actions (login required)
View Item |