PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT BERBANTUAN VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS TINGGI DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Islam Az-Zakiyah Kota Bandung)

Murtiningrum, Asri, 195060047 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT BERBANTUAN VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS TINGGI DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Islam Az-Zakiyah Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN .pdf

Download (774kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (345kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img]
Preview
Text
13.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas kontrol dan kelas eksperimen pada subtema manusia dan lingkungan di kelas V Sekolah Dasar Islam Az-Zakiyah Kota Bandung serta untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui penggunaan media pembelajaran powerpoint berbantuan video. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian yakni ‘quasi eksperimen methode’. Model dalam penelitian ini yaitu pretest-postest control grup design. Populasi penelitian ini adalah kelas V. Sampel penelitian kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen kelas yang dalam pembelajaranya menggunakan media pembelajaran powerpoint berbantuan video. Peneliti menggunakan menggunakan test essay. Terdiri dari 7 soal yakni soal pre test dan post test meliputi aspek kongnitif dan lembar observasi untuk mengetahui pelaksanaan penggunaan media pembelajaran powepoint berbantuan video terhadap kemampuan berpikir kritis. Dari hasil pengujian hipotesis berdasarkan tabel Independet Sampels T-test terlihat bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. karena nilai 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak Ha diterima, اberpikirاkemampuanاperbedaanاTerdapat“اbahwaاdisimpulkanاdapatاsehingga kritis peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol pada Subtema Manusia dan Lingkungan di kelas V Sekolah Dasar Islam Az-ZakiyahاKotaاBandung”. Sedangkan hasil hipotesis analisis data menggunakan uji Effect Size menggunakan rumus Cohen’s terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, dari hasil perhitungan effect size tesebut diketahui sebesar 2,421 dengan kategori 2,421 > 1.00 interprestasi dalam kategori kuat (Strong effect) sehingga dapat disimpulkan bahwa “Terdapatا pengaruh penggunaan media pembelajaran powerpoint berbantuan video terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SDI Az-Zakiyah Kota ا.“Bandung Kata Kunci: Media Pembelajaran; Powerpoint berbantuan Video, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 21 Aug 2023 03:46
Last Modified: 21 Aug 2023 03:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64743

Actions (login required)

View Item View Item