PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN

YULIMAYANTI, EKA, 195050007 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (144kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence dalam pembelajaran sangat penting untuk dimiliki siswa untuk menunjang aktivitas di dalam maupun di luar kelas. Tetapi hal ini berbanding terbalik dengan kondisi di lapangan, yang ditandai dengan banyaknya siswa yang mempunyai nilai rendah karena kurang memahami soal cerita dan cenderung memiliki jawaban yang sama dengan temannya dikarenakan tidak percaya diri. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui apakah Kemampuan Komunikasi Matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan video pembelajaran lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (2) Untuk mengetahui Self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan video pembelajaran lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (3) Untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan video pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasy eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group, sampel penelitian ini ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes kemampuan komunikasi matematis dan angket self-confidence. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan Software IBM SPSS 23.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran flipped classroom berbantuan video pembelajaran lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (2) Self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran flipped classroom berbantuan video pembelajaran lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (3) Terdapat korelasi antara Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran flipped classroom berbantuan video pembelajaran. Kata Kunci: Komunikasi Matematis, Self-confidence, Model Pembelajaran Flipped Classroom, Video Pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 19 Aug 2023 03:00
Last Modified: 19 Aug 2023 03:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64732

Actions (login required)

View Item View Item