Lestari, Indriani, 195060118 (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SDN JELEKONG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
01. Cover.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
03. Lembar pengesahan pembimbing.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
04. lembar pengesahan penguji.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
07. Abstrak B.Indonesia.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
08. Abstrak B.Inggris.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
09. Abstrak B.Sunda.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB I.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB II.pdf Download (285kB) | Preview |
|
Text
16. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (478kB) |
||
Text
17. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
18. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
||
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (147kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh peserta didik di sekolah dasar yang kurang akan kemampuan berpikir kritisnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh dan peningkatan kemampuan berpikir krtisis pada peserta didik setelah menggunakan model Problem Based Learning pada peserta didik kelas V SD Negeri Jelekong, Kp nangerang kelurahan Jelekong kecamatan Baleendah kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2022/2023. Maka dari itu peneliti tertarik dan mengambil judul “Pengaruh Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V SDN Jelekong” Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan desain nonequivalent control group design. Pada tema 8 subtema 3. Populasi yang dipakai adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri jelekong. Kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Kedua kelas akan diberikan test awal (pretest) dan test akhir (posttest). Pada penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal. Hasil dari pengolahan data pretest pada kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 55,17 dengan standar deviasi 13,357 dan pada kelas kontrol memperoleh rata-rata nilai sebesar 58,33 dengan standar deviasi 16,522. Adapun hasil dari posttest untuk kelas eksperimen memperoleh nilai sebesar 83,67 dengan standar deviasi 7,980 dan kelas kontrol memperoleh nilai 56,00 dengan standar deviasi 17,636. Untuk hasil uji hipotesis dengan menggunakan t tes memperoleh sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 19 Aug 2023 01:44 |
Last Modified: | 19 Aug 2023 01:44 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64729 |
Actions (login required)
View Item |