PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 7E BERBANTUAN QUIZIZZ

AMALIA, RANY NUR, 195050003 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 7E BERBANTUAN QUIZIZZ. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ARTIKEL RANY NUR AMALIA (195050003).pdf

Download (849kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis sangat dibutuhkan oleh siswa karena dapat membantu menyelesaikan masalah dalam matematika. Namun kemampuan komunikasi matematis siswa ternyata masih kurang dan berada dalam tahap rendah. Kemampuan komunikasi matematis siswa dapat dipengaruhi dari sikap Selfconfidence. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan dalam melatih kemampuan komunikasi matematis tersebut adalah model Learning Cycle 7E berbantuan quizizz. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model Learning Cycle 7E berbantuan quizizz lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. 2) Mengetahui self-confidence siswa yang memperoleh model Learning Cycle 7E berbantuan quizizz lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. 3) Mengetahui terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa yang memperoleh model Learning Cycle 7E berbantuan quizizz. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Penelitian ini melibatkan 30 siswa kelas VIII A dan 30 siswa kelas VIII C di SMP Pasundan 6 Bandung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa 5 soal uraian tes kemampuan komunikasi matematis. Teknik analisis data dengan uji perbandingan dua sampel (uji-t). Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan software IBM SPSS 23.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model Learning Cycle 7E berbantuan quizizz lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. 2) Self-confidence siswa yang memperoleh model Learning Cycle 7E berbantuan quizizz lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. 3) Terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa yang memperoleh model Learning Cycle 7E berbantuan quizizz. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-confidence, Model Learning Cycle 7E, Quizizz.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 05 Aug 2023 02:41
Last Modified: 05 Aug 2023 02:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64569

Actions (login required)

View Item View Item