AMALIA, RANY NUR, 195050003 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 7E BERBANTUAN QUIZIZZ. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (297kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
ARTIKEL RANY NUR AMALIA (195050003).pdf Download (849kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis sangat dibutuhkan oleh siswa karena dapat membantu menyelesaikan masalah dalam matematika. Namun kemampuan komunikasi matematis siswa ternyata masih kurang dan berada dalam tahap rendah. Kemampuan komunikasi matematis siswa dapat dipengaruhi dari sikap Selfconfidence. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan dalam melatih kemampuan komunikasi matematis tersebut adalah model Learning Cycle 7E berbantuan quizizz. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model Learning Cycle 7E berbantuan quizizz lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. 2) Mengetahui self-confidence siswa yang memperoleh model Learning Cycle 7E berbantuan quizizz lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. 3) Mengetahui terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa yang memperoleh model Learning Cycle 7E berbantuan quizizz. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Penelitian ini melibatkan 30 siswa kelas VIII A dan 30 siswa kelas VIII C di SMP Pasundan 6 Bandung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa 5 soal uraian tes kemampuan komunikasi matematis. Teknik analisis data dengan uji perbandingan dua sampel (uji-t). Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan software IBM SPSS 23.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model Learning Cycle 7E berbantuan quizizz lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. 2) Self-confidence siswa yang memperoleh model Learning Cycle 7E berbantuan quizizz lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. 3) Terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa yang memperoleh model Learning Cycle 7E berbantuan quizizz. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-confidence, Model Learning Cycle 7E, Quizizz.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 05 Aug 2023 02:41 |
Last Modified: | 05 Aug 2023 02:41 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64569 |
Actions (login required)
View Item |