DAMPAK PENERAPAN TATA TERTIB SEKOLAH DENGAN SISTEM KREDIT POIN TERHADAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK (Penelitian Survei di SMAN Darmaraja)

NISA, DESI LAELA SHOFIATUN, 195010009 (2023) DAMPAK PENERAPAN TATA TERTIB SEKOLAH DENGAN SISTEM KREDIT POIN TERHADAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK (Penelitian Survei di SMAN Darmaraja). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (540kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (420kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan tata tertib sekolah dengan sistem kredit poin berpengaruh dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik. Penerapan sistem kredit poin dalam pelanggaran tata tertib sekolah merupakan suatu alternatif yang dapat diberlakukan di sekolah sebagai upaya untuk menegakkan tata tertib yang berlaku di sekolah. Sistem ini mengharuskan agar setiap pelanggaran tata tertib sekolah yang dilakukan oleh para peserta didik diberikan poin yang memiliki tingkatan sesuai dengan tingkat pelanggaran yang dilakukan peserta didik. Setiap poin pelanggaran disiplin yang dilakukan oleh para peserta didik dikumpulkan sampai batas tertentu selama setahun. Jika poin pelanggaran yang dilakukan oleh peserta didik telah mencapai batas maksimal, maka sanksi akan diberlakukan. Metode yang digunakan pada penelitian ini pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan yaitu survei serta variabel independent yaitu penerapan tata tertib sekolah dengan sistem kredit poin dan variabel dependen yaitu kedisiplinan peserta didik. Sampel penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu probability sampling. Sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas XI. Selanjutnya, pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner dan wawancara. Peneliti memproses hasil data analisis diantaranya yaitu teknis analisis uji normalitas, heteroskedastisitas, regresi linear sederhana, dan yang terakhir uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan tata tertib sekolah dengan sistem kredit poin dapat meningkatkan kedisiplinan peserta didik. Hasil penelitian berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t menunjukan nilai t hitung 4,325 > t tabel 2,920 maka dapat dilihat bahwa penerapan tata tertib sekolah dengan sistem kredit poin berpengaruh terhadap kedisiplinan peserta didik dan hasil nilai R square 0,773 x 100 = 77% dimana penerapan tata tertib sekolah dengan sistem kredit poin berpengaruh terhadap kedisiplinan peserta didik dengan variabel bebas (penerapan tata tertib sekolah dengan sistem kredit poin) terhadap variabel terikat (kedisiplinan peserta didik) sebanyak 77%. Kata Kunci : Kedisiplinan, Tata Tertib Sekolah dengan Sistem Kredit Poin, Peserta Didik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 04 Aug 2023 07:07
Last Modified: 04 Aug 2023 07:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64562

Actions (login required)

View Item View Item