RAHMAWANTI, FAKHIRA AGHNIA (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 270 GENTRA MASEKDAS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN..pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (388kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (488kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (251kB) | Preview |
Abstract
Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika peserta didik di SDN 270 Gentra Masekdas dikarenakan peserta didik menganggap pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sukar. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran berbasis proyek pada peserta didik kelas IV. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuasi eksperimen (quasi experiment) dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ditujukan kepada peserta didik kelas IV di SDN 270 Gentra Masekdas. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 48 peserta didik dengan jumlah 24 peserta didik pada kelas IV-A dan 24 peserta didik pada kelas IV-B. Sampel penelitian yang diambil yaitu kelas IV-A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Peneliti melakukan analisis data dengan menghitung uji hipotesis dengan bantuan aplikasi SPSS Versi 26.0. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh gambaran proses pembelajaran sudah sesuai dengan model yang digunakan yaitu model pembelajaran berbasis proyek, lalu peningkatan hasil belajar matematika yang memperoleh model pembelajaran berbasis proyek lebih tinggi daripada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional, serta terdapat efektivitas yang besar. Maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar di kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Model pembelajaran berbasis proyek, Hasil belajar matematika, Peningkatan
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 04 Aug 2023 06:26 |
Last Modified: | 04 Aug 2023 06:26 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64556 |
Actions (login required)
View Item |