PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SPARKOL VIDEOSCRIBE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas IV SD Negeri Ciherang Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2022/2023)

ASTUTI, D. SINTA, 195060124 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SPARKOL VIDEOSCRIBE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas IV SD Negeri Ciherang Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN..pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (612kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Salah satu fenomena yang menghambat kegiatan belajar mengajar yaitu guru masih menggunakan media pembelajaran konvensional sehingga kurang menarik perhatian peserta didik dan banyak peserta didik memperoleh hasil belajar di bawah KBM (Kriteria Belajar Minimal). Salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi fenomena tersebut yaitu penggunaan media pembelajaran Sparkol Videoscribe. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Sparkol Videoscribe terhadap hasil belajar peserta didik dan perbedaan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan media Sparkol Videoscribe dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media konvensional di kelas IV SDN Ciherang, Kabupaten Bandung. Jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Analisis data menggunakan perangkat lunak Statistical Package for Social Science (SPSS) versi 27. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diberikan pembelajaran yang artinya media pembelajaran Sparkol Videoscribe berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik, dibuktikan dengan hasil uji Paired Sample T Test diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan pengaruh yang dihasilkan sebesar 1,05 (effect besar). Selanjutnya terdapat perbedaan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan media pembelajaran Sparkol Videoscribe dengan peserta didik yang menggunakan media konvensional, dibuktikan dengan hasil uji Independent Sample T Test diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 02 Aug 2023 06:53
Last Modified: 02 Aug 2023 06:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64518

Actions (login required)

View Item View Item