PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Penelitian Eksperimen Semu di SMP Negeri 3 Cileunyi)

Nurhaifa, Hasna Salma, 195010021 (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Penelitian Eksperimen Semu di SMP Negeri 3 Cileunyi). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (481kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (997kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (257kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Model Pembelajaran Small Group Discussion adalah adalah proses pembelajaran dengan menggunakan diskusi kelompok kecil tujuannya agar peserta didik memiliki keterampilan memecahkan masalah terkait materi pokok dan persoalan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Maka peneliti tertarik untuk mengetahui apakah model pembelajaran Small Group Discussion berpengaruh dalam meningkatkan motivasi peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Metode yang digunakan oleh penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan yaitu quasi experimental atau eksperimen semu serta variabel independent yaitu pengaruh model pembelajaran Small Group Discussion dan variabel dependen yaitu motivasi peserta didik. Sampel penelitian yang digunakan oleh peneliti merupakan sampling purposive. Sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VIII D, dan VIII F. Selanjutnya, pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner dan wawancara didukung oleh pretest dan posttest. Peneliti menggunakan teknis analisis uji normalitas, homogenitas, regresi linear sederhana, dan yang terakhir uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peserta didik pada saat menggunakan model pembelajaran Small Group Discussion memiliki motivasi belajar yang sangat baik. Hasil penelitian berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t menunjukan nilai t hitung 12,812 > t tabel 2,021 maka model pembelajaran Small Group Discussion berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan hasil nilai R square 0,746 x 100 = 74,6% dimana pengaruh model pembelajaran Small Group Discussion memiliki kontribusi terhadap motivasi belajar peserta didik yaitu variabel bebas (pengaruh model Small Group Discussion) terhadap variabel terikat (motivasi belajar) sebanyak 75%. Kata kunci: Model Pembelajaran Small Group Discussion, Motivasi Belajar, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 31 Jul 2023 08:13
Last Modified: 31 Jul 2023 08:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64460

Actions (login required)

View Item View Item