PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA DI SDN 151 SUKASENANG KOTA BANDUNG

FARDILA, NUR FAHMI, 195060033 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA DI SDN 151 SUKASENANG KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (774kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model problem based learning terhadap hasil belajar dan capaian profil pelajar pancasila siswa kelas IV Tahun Ajaran 2022/2023. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian yaitu kuasi eksperimen (Quasi Eksperimen Design). Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IVB yang berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IVA yang berjumlah 27 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik dari pengumpulan data yaitu melalui tes yang berbentuk pilihan ganda dan uraian tentang materi mengubah bentuk energi dan lembar hasil observasi sebagai data penunjang. Tes yang digunakan yaitu menggunakan pre-test dan post-test yang dijadikan untuk data hasil belajar dan capaian profil pelajar pancasila terhadap siswa. Teknik analisis data dilakukan dengab menggunakan uji validasi, uji reliabilitas, uji indeks tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Penelitian yang dilakukan di SDN 151 Sukasenang Kota Bandung menunjukkan hasil bahwa nilai rata-rata post-test kelas eksperimen yaitu 88,23, dan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 86,70. Dengan perhitungan menggunakan rumus Independent sample t-test dengan menggunakan software IBM SPSS Statistic 26 diperoleh hasil analisis menunjukkan bahwa thitung= 2.317>ttabel = 2,009 dan nilai sig 0,025<0,05. Artinya, adanya perbedaan dari hasil post-test tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap hasil belajar dan capaian profil pelajar pancasila secara signifikan. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar dan Capaian Profil Pelajar Pncasila, SDN 151 Sukasenang Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 29 Jul 2023 02:41
Last Modified: 29 Jul 2023 02:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64433

Actions (login required)

View Item View Item