PEMBELAJARAN TENTANG KUALITAS KARYA NOVEL YANG DIBACA MENGGUNKAN METODE ESTAFET WRITING PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 PAMANUKAN SUBANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Chania, Reiva, 155030018 (2023) PEMBELAJARAN TENTANG KUALITAS KARYA NOVEL YANG DIBACA MENGGUNKAN METODE ESTAFET WRITING PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 PAMANUKAN SUBANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstract.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstrak Sunda.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB II.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] Text
12. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (94kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya novel dapat melatih kemampuan peserta didik terhadap membaca secara cermat agar mampu menggali informasi dan mengingat informasi dan fakta-fakta yang terkandung dalam teks yang telah dibaca. Berkaitan dengan hal tersebut maka penulis tertarik melakukan penelitian pembelajaran menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya novel dengan menggunakan metode estafet writing pada siswa kelas VIII SMPN 2 Pamanukan Subang Tahun Pelajaran 2018/2019. Adapun hasil penelitiannya adalah sebagai berikut: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya novel. Hal ini dapat dibuktikan nilai rata-rata perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang diperoleh penulis sebesar 3,84 dan termasuk ke dalam kategori sangat baik (A); 2) Peserta didik kelas VIII SMPN 2 Pamanukan Subang mampu mengikuti pembelajaran Hal tersebut dapat dibuktikan berdasarkan pada peserta didik memeroleh nilai hasil pretes dan postes;3) Hasil belajar di kelas eksperimen memeroleh rata-rata 34,2 dan hasil postes dengan rata-rata 88,3. Sedangkan hasil rata-rata pretes kelas kontrol adalah 31,7 dan nilai rata-rata postes adalah 55,2; 4) Penggunaan metode estafet writingefektif digunakan pada pembelajaran menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya novel. Hal tersebut terbukti pada uji mann-whitney yang menunjukkan hasil Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai 0,05; 5) Ada perbedaan keefektifan metode estafet writingsebagai kelas eksperimen dibandingkan dengan metode cooperative script di kelas kontrol pada pembelajaran menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya novel. Uji N-Gain Score menunjukkan bahwa nilai rata-rata untuk kelas eksperimen sebesar 81,71 dengan kategori efektif, sedangkan di kelas kontrol sebesar 35,75dengan kategori tidak efektif. Kata kunci: metode estafet writing, keterampilan menulis, pembelajaran menceritakan kembali

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2020
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:53
Last Modified: 13 Mar 2023 04:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62608

Actions (login required)

View Item View Item