STRATEGI HUMAS KPID JAWA BARAT DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA LEMBAGA

Fadhila Fakhira Yurimeliska, 182050334 (2023) STRATEGI HUMAS KPID JAWA BARAT DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA LEMBAGA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK (3 bahasa).pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (322kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Humas KPID Jawa Barat dalam Mempertahankan Citra Lembaga” studi kasus pembatasan pemutaran 42 lagu bernuansa seksual. Studi kasus ini diangkat karena menjadi perhatian publik pada pertengahan tahun 2021. Surat edaran yang berisi pembatasan pemutaran 42 lagu menjadi pro kontra di masyarakat sehingga berdampak terhadap citra lembaga KPID Jawa Barat. Sementara itu, KPID Jawa Barat memiliki tagline “menjaga mata dan telinga masyarakat Jawa Barat”, dalam kasus pembatasan pemutaran 42 lagu termasuk dari wujud untuk menjaga mata dan telinga masyarakat Jawa Barat, karena menjaga dari isi siaran yang tidak sesuai jangan sampai di tonton atau di dengar oleh anak – anak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana KPID Jawa Barat melaksanakan strategi humas untuk mempertahankan citra lembaga serta untuk mengetahui citra yang tertanam di benak publik internal dan ekternal terhadap lembaga. Digunakan teori strategi bauran Public Relations “PENCILS” dari Philip Ktler dan Thomas L. Harris serta teori citra (Image Theory) dari Frank Jefkins. Teori citra memiliki empat indikator untuk melihat sebuah citra dari pandangan individu yakni persepsi, kognisi, motivasi, dan sikap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dengan metode ini, peneliti memperoleh data dengan menggunakan teknik wawancara yang mendalam (in depth interview), observasi langsung ke lapangan, serta dokumentasi data data yang mendukung penelitian. Penelitian ini mengambarkan bagaimana strategi yang dilakukan KPID Jawa Barat dalam mempertahankan citra lembaga. Hasil penelitian menunjukan bahwa Bidang Kelembagaan yang menjalankan fungsi kehumasan di KPID Jawa Barat telah menjalankan semua strategi bauran Public Relations PENCILS untuk mempertahankan citra positif lembaga. Namun, tidak semua aspek dijalankan dengan optimal. Hal tersebut dapat terlihat dari persepsi, kognisi, motivasi, dan sikap yang terbentuk dalam benak publik. Adapun saran dalam penelitian ini ialah dengan terus mengoptimalkan strategi – strategi yang dapat meningkatkan citra positif lembaga sehinga citra lembaga serta tagline “menjaga mata dan telinga masyarakat Jawa Barat” dapat terus dipertahankan. Kata Kunci: Strategi Humas, Citra, KPID Jawa Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2022
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 10 Mar 2023 03:27
Last Modified: 10 Mar 2023 03:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62583

Actions (login required)

View Item View Item