Noni Anisah, 172050257 (2023) REPRESENTASI MAKNA IKLAN HALODOC #TenangAdaHalodoc (ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN TELEVISI HALODOC #TenangAdaHalodoc VERSI BELI KEBUTUHAN SEHATMU, INGAT ADA HALODOC). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
2. Lembar pengesahan.pdf.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
4. Bab 1.pdf.pdf Download (419kB) | Preview |
|
|
Text
3. Abstrak.pdf.pdf Download (498kB) | Preview |
|
|
Text
9. Daftar pustaka.pdf.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
1. Cover.pdf.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
5. Bab 2.pdf.pdf Download (793kB) | Preview |
|
|
Text
11. Kata pengantar.pdf.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
14. Daftar gambar.pdf.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
12. Daftar isi.pdf.pdf Download (195kB) | Preview |
Abstract
Penelitian in berjudul “REPRESENTASI MAKNA IKLAN HALODOC #TenangAdaHalodoc (ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN TELEVISI HALODOC #TenangAdaHalodoc VERSI BELI KEBUTUHAN SEHATMU, INGAT ADA HALODOC).” Penilitian ini menggunakan teori Semiotika model Ferdinand de Saussure dan juga teori Konstruksi Realitas Sosial model Berger dan Luckmann. Tujuan dari penelitin ini yaitu untuk mengetahui bagaimana makna Penanda, Petanda serta Realitas Sosial dalam iklan Halodoc #TenangAdaHalodoc Versi Beli Kebutuhan Sehatmu, Ingat Ada Halodoc. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu penanda yang didapatkan oleh peneliti dalam iklan ini adalah terdapatnya kalimat yang diucapkan oleh pemeran iklan tersebut, tulisan-tulisan, serta tampilan tiap scene yang dapat membuat para penonton memahami makna dari iklan tersebut. Sedangkan petanda yang didapat yaitu, dari penanda yang ada, peneliti dan para informan dapat mengetahui bahwa iklan tersebut menceritakan seorang Ibu yang tidak yakin membeli kebutuhan kesehatan melalui aplikasi Haldoc, yang selanjutnya dijelaskan oleh pihak Halodoc bahwa Halodoc telah bekerjasama dengan Apotek-apotek resmi dan terpercaya serta Halodoc memberikan kemudahan bagi para penggunanya yang mana kebutuhan kesehatan yang telah dipesan akan diantarakan sampai ke rumah. Dan realitas sosial yang terdapat atau diciptakan oleh pihak Halodoc dalam iklan tersebut yaitu terdapat kesamaan realitas sosial antara di iklan dengan di kehidupan sehari-hari di masyarakat dimana masih cukup banyak masyarakat yang kurang yakin membeli kebutuhan kesehatan melalui aplikasi Halodoc. Sedangkan realitas sosial yang coba dikonstruksikan oleh pihak Halodoc yaitu untuk mengubah masyarakat menjadi lebih yakin menggunakan aplikasi Halodoc. Kata Kunci : Iklan, Halodoc, Semiotika, Realitas Sosial.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2022 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 09 Mar 2023 02:51 |
Last Modified: | 09 Mar 2023 02:51 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62560 |
Actions (login required)
View Item |