AZIZAH, NUNUY, 185060114 (2023) PENGARUH BERBANTUAN MEDIA KAHOOT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD (Penelitian Quasi Eksperimen Di Kelas V di SD Negeri Rancaekek 02 kab. Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (302kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (445kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (396kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUTAKA.pdf Download (204kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Adapun, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan bantuan media Kahoot pada pembelajaran siswa kelas V SDN Rancaekek 02 kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2022/2023. Dari pemberian tes awal yang telah diberikan kepada siswa kelas V menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dalam kegiatan pembelajaran materi tematik kurang. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Pengaruh Berbantuan Media Kahoot Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar”. ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasiexperiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN Rancaekek 02 kabupaten Bandung, dengansampel sebanyak dua kelas yaitu kelas V-A sebagai kelas eksperimen, dan kelas kontrolnya yaitu kelas V-B. data hasil penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berbentuk soal pilihan ganda sebanyak 40 soal yang diberikan pada waktu pretest sebelum proses pembelajaran dilaksanakan, dan posttest yang dilakukan setelah proses pembelajaran dilaksanakan. Data hasil penelitian diperoleh rata-ratapretest kelas eksperimen sebesar 44,95, dan rata-rata posttest sebesar 81,41. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata pretest sebesar 44, dan rata- rata posttest sebesar 76,13. Dari hasil uji hipotesis pada taraf signifikansi 5% diperoleh sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan bantuan media media Kahoot berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik kelas V SD, yang terlihat dari peningkatan nilai rata-rata pretest ke posttest. Kata Kunci: Media Kahoot, Kemampuan Berpikir Kritis, Tematik.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 10 Feb 2023 02:32 |
Last Modified: | 10 Feb 2023 02:32 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62087 |
Actions (login required)
View Item |