PENGGUNAAN MODEL FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS V (Metode Penelitian Kuantitatif dengan Pendekatan Quasi Experiment Research Pada Siswa Kelas V SDN Karang Mekar Mandiri 1)

APRILLIAN, VIKA TRI (2023) PENGGUNAAN MODEL FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS V (Metode Penelitian Kuantitatif dengan Pendekatan Quasi Experiment Research Pada Siswa Kelas V SDN Karang Mekar Mandiri 1). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstract.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Abstrak Sunda.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (186kB) | Preview
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penggunaan Model Flipped Classroom yang diterapkan. Penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Eksperimen, dan penelitian ini dilaksanakan di SDN Karang Mekar Mandiri 1 Kota Cimahi pada kelas V dengan poulasi sebanyak 350 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, maka kelas VA (Eksperimen) dan kelas VB (Kontrol) akan diambil masing-masing sampel sebanyak 22 siswa, maka total keseluruhan kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah sebanyak 44 siswa. Berdasarkan hasil uji homogenitas, setelah perlakuan terdapat varian data maupun sampel homogen. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa: terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Flipped Classroom terhadap keterampilan membaca pemahaman dan berpikir kritis siswa kelas V di SDN Karang Mekar Mandiri 1 Kota Cimahi berdasarkan hasil uji Independent Sample T Test didapat nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 > 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Hα diterima. Hal ini didukung dengan nilai ratarata dari kelas eksperimen sebesar 85,71 lebih besar dari kelas kontrol sebesar 72,35. Kata Kunci: Flipped Classroom, Membaca Pemahaman dan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 03 Feb 2023 06:22
Last Modified: 03 Feb 2023 06:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62060

Actions (login required)

View Item View Item