PENGARUH MEDIA VIDEO TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN BATURENGAT 01 KABUPATEN BANDUNG

SARI, INDAH PUSPITA, 185060080 (2023) PENGARUH MEDIA VIDEO TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN BATURENGAT 01 KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
01. Cover Indah Puspita Sari_185060080.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. Lembar Pengesahan Indah.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. Abstrak Indonesia.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. Abstract Inggris.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. Ringkesan Sunda.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB I.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB II.pdf

Download (255kB) | Preview
[img] Text
16. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] Text
17. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] Text
18. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img]
Preview
Text
19. Daftar Pustaka.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Artikel Indah Puspita Sari_185060080.pdf

Download (147kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Hasil belajar merupakan tujuan akhir terselenggaranya kegiatan pembelajaran disekolah. Hasil belajar dapat ditingkatkan melalui usaha sadar yang dilakukan secara sistematis mengarah pada perubahan yang positif kemudian disebut dengan proses belajar. Media video dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa kelas IV di Baturengat 01 Kabupaten Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Ekperimen. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN Baturengat 01 dengan populasi sebanyak 56 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design dengan kelas A sebagai kelas eksperimen sebanyak 28 siswa dan kelas B sebagai kelas kontrol sebanyak 28 siswa. Dengan menetapkan responden sebagai sampel 20 siswa menggunakan jenis purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. Tes tersebut berupa pretest dan posttest untuk mengambil data hasil belajar siswa. Teknik pengolahan data dilakukan menggunakan SPSS 25.0 dengan uji descriptive, uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample test, dan uji N Gain ternormalisasi. Penelitian ini berpengaruh secara signifikan dengan menggunakan media video dapat dilihat dari rata-rata nilai pretest kelas eksperimen dengan rata-rata sebesar 48,30 dan hasil pretest pada kelas kontrol dengan rata-rata sebesar 46,80 serta hasil rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 83,40 dan pada kelas kontrol sebesar 72,80. Hasil dari nilai tersebut didasarkan atas hasil uji independent sample t test perolehan nilai Sig. 0,055 > 0,05 dan Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya Ho ditolak Ha diterima. Peningkatan hasil belajar ini didorong juga oleh perhitungan uji n-gain ternomalisasi sebesar 67% pada kelas eksperimen dan 48% pada kelas kontrol. Kata Kunci: Hasil belajar, Media Video

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 02 Feb 2023 03:13
Last Modified: 02 Feb 2023 03:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62053

Actions (login required)

View Item View Item