PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei pada materi konsep pertumuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi di kelas XI IPS di SMA AL-HADI Bandung Tahun Ajaran 2022- 2023)

Afriliani, Elsa, 185020016 (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei pada materi konsep pertumuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi di kelas XI IPS di SMA AL-HADI Bandung Tahun Ajaran 2022- 2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstract.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Abstrak Sunda.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (672kB) | Preview
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img]
Preview
Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (414kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i). Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi konsep pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi di kelas XI IPS SMA AL-HADI Bandung tahun ajaran 2022-2023 (ii). Bagaimana hasil belajar peserta didik pada materi konsep pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi di kelas XI IPS di SMA AL-HADI Bandung tahun ajaran 2022-2023 (iii). Bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi konsep pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi di kelas XI IPS di SMA AL-HADI Bandung tahun ajaran 2022-2023 Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan tes dengan teknik analisis data menggunakan uji analisis deskriptif,tingkat kesukaran, daya pembeda, uji normalitas, analisis rank sperman, uji hipotesis(i) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) pada materi konsep pertumbuhan dan pembangunan ekonomi di kelas XI IPS SMA AL-HADI Bandung tahun ajaran 2022-2023, rata-rata hasilnya sebesar 4,05 dengan persentase 81,0% yang menyatakan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada siswa kelas XI IPS di SMA AL-HADI Bandung tahun ajaran 2022-2023 adalah termasuk kedalam kategori baik (ii) Berdasarkan hasil pengolahan data atas soal tes berupa pilihan ganda yang disebarkan kepada responden, terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dari jumlah peserta didik 62 orang yang terdiri dari kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 dari 50 orang menjadi 4 orang yang memiliki nilai di bawah KKM dan 60 orang yang memiliki nilai di atas KKM maka dapat disimpulkan hasil belajar siswa pada materi konsep pertumbuhan dan pembangunan ekonomi kelas XI IPS di SMA AL-HADI Bandung dapat dinyatakan baik dengan nilai total rata-rata 84,6. (iii) Berdasarkan hasil uji analisis rank sperman terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar oleh karena itu hipotesis yang diterima adalah Ha yang menyatakan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar siswa dan Ho ditolak. Kata Kunci : Pengaruh, Think Pair Share, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 15 Dec 2022 07:24
Last Modified: 15 Dec 2022 07:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61919

Actions (login required)

View Item View Item