PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN SELF-EFFICACY MATEMATIS SISWA SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending)

ILHAMAN, HENDRA KUSUMAH, 185050040 (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN SELF-EFFICACY MATEMATIS SISWA SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BASA SUNDA.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka fiks.pdf

Download (194kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan kemampuan koneksi matematis peserta didik yang memperoleh pembelajaran model CORE lebih tinggi dari pada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) mengetahui pencapaian self-efficacy peserta didik yang memperoleh model pembelajaran CORE lebih baik dari pada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) mengetahui terdapat korelasi positif antara koneksi matematis dengan self-efficacy peserta didik yang memperoleh model pembelajaran CORE dan antara koneksi matematis dengan self-efficacy peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (4) Untuk mengetahui efektivitas pembelajaran CORE terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematis dan self–efficacy peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negri 16 Bandung. Untuk sampel penelitiannya terdiri dari 2 kelas. Diperoleh kelas XI IPS 6 sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan model CORE dan kelas XI IPS 5 sebagai kelas kontrol yang mendapatkan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian tes kemampuan koneksi matematis dan skala self-efficacy. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan software IBM SPSS 26 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan koneksi matematis peserta didik yang memperoleh model pembelajaran CORE lebih tinggi daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) peningkatan self-efficacy peserta didik yang memperoleh model pembelajaran CORE lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) terdapat korelasi antara kemampuan koneksi matematis dengan self-efficacy peserta didik yang memperoleh model pembelajaran CORE dan tidak terdapat korelasi antara kemampuan koneksi matematis dengan self-efficacy peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (4) Pembelajaran CORE terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematis efektivitasnya tergolong sangat besar sedangkan meningkatkan kemampuan self-efficacy peserta didik efektivitasnya tergolong sedang. Kata Kunci: CORE, koneksi matematis, self-efficacy

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 03 Dec 2022 07:01
Last Modified: 03 Dec 2022 07:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61857

Actions (login required)

View Item View Item