ILHAMAN, HENDRA KUSUMAH, 185050040 (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN SELF-EFFICACY MATEMATIS SISWA SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
lembar pengesahan.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BASA SUNDA.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (291kB) | Preview |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
||
Text
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (530kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
||
|
Text
Daftar pustaka fiks.pdf Download (194kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan kemampuan koneksi matematis peserta didik yang memperoleh pembelajaran model CORE lebih tinggi dari pada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) mengetahui pencapaian self-efficacy peserta didik yang memperoleh model pembelajaran CORE lebih baik dari pada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) mengetahui terdapat korelasi positif antara koneksi matematis dengan self-efficacy peserta didik yang memperoleh model pembelajaran CORE dan antara koneksi matematis dengan self-efficacy peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (4) Untuk mengetahui efektivitas pembelajaran CORE terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematis dan self–efficacy peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negri 16 Bandung. Untuk sampel penelitiannya terdiri dari 2 kelas. Diperoleh kelas XI IPS 6 sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan model CORE dan kelas XI IPS 5 sebagai kelas kontrol yang mendapatkan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian tes kemampuan koneksi matematis dan skala self-efficacy. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan software IBM SPSS 26 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan koneksi matematis peserta didik yang memperoleh model pembelajaran CORE lebih tinggi daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) peningkatan self-efficacy peserta didik yang memperoleh model pembelajaran CORE lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) terdapat korelasi antara kemampuan koneksi matematis dengan self-efficacy peserta didik yang memperoleh model pembelajaran CORE dan tidak terdapat korelasi antara kemampuan koneksi matematis dengan self-efficacy peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (4) Pembelajaran CORE terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematis efektivitasnya tergolong sangat besar sedangkan meningkatkan kemampuan self-efficacy peserta didik efektivitasnya tergolong sedang. Kata Kunci: CORE, koneksi matematis, self-efficacy
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2022 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 03 Dec 2022 07:01 |
Last Modified: | 03 Dec 2022 07:01 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61857 |
Actions (login required)
View Item |