SETYOWATI, ALFINA OKTAVIANI, 185060086 (2022) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas V SD Mathlaul Khoeriyah). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak bahasa indonesia.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak bahasa inggris.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak bahasa sunda.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (262kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (699kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (170kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada siswa kelas V SD Mathlaul Khoeriyah, Tamansari Kota Bandung Tahun Ajaran 2022/2023. Dari pemberian tes awal yang telah diberikan kepada siswa kelas V menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada materi tema 1 “Organ Gerak Hewan dan Manusia” subtema 2 “Manusia dan Lingkungan” masih rendah. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar”. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Mathlaul Khoeriyah dengan sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas V B sebagai kelas eksperimen dan kelas V A sebagai kelas kontrol. Data hasil penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 30 soal yang diberikan pada saat pretest sebelum proses pembelajaran dilaksanakan dan posttest yang dilakukan setelah proses pembelajaran dilaksanakan. Dari hasil penelitian ini diperoleh rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 39,62 dan ratarata posttest sebesar 79,23. Sedangkan, pada kelas kontrol diperoleh rata-rata pretest sebesar 39,08 dan rata-rata posttest sebesar 57,31. Dari hasil uji hipotesis pada taraf signifikansi 5% diperoleh sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar yang terlihat dari peningkatan peningkatan nilai rata-rata pretest ke posttest. Kata Kunci: Model pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 01:59 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 01:59 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61682 |
Actions (login required)
View Item |