PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROPOSAL PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMAN 27 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

SALSABILA, KAMILA NUR, 185030049 (2022) PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROPOSAL PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMAN 27 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstract.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstrak Sunda.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB II.pdf

Download (345kB) | Preview
[img] Text
12. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (11kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis proposal. Adapun salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah kurangnya penggunaan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif oleh pendidik. Seperti yang diketahui, bahwa penggunaan model pembelajaran yang sering digunakan saat pembelajaran Bahasa Indonesia masih banyak yang menggunakan model pembelajaran cenderung monoton, guru mengharapkan siswa menyimak, memperhatikan, mencatat, dan paham tentang materi yang disampaikan. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menulis proposal menggunakan model Quantum Teaching. Untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis proposal sesuai dengan isi, kebahasaan, dan struktur. Untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan menulis proposal antara kelas eksperimen yang menggunakan model Quantum Teaching dan kelas kontrol yang menggunakan model Krathwohl. Dan untuk mengetahui efektivitas model Quantum Teaching dalam pembelajaran proposal. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen kuasi rancangan tes awal dan teks akhir dengan kelompok kontrol. Data yang diperoleh adalah data prates dan pascates dari kelas eksperimen dan kontrol peserta didik kelas XI SMAN 27 Bandung. Adapun hasil dari penelitian ini adalah penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menulis proposal menggunakan model Quantum Teaching yang mana penulis memperolehnilai 3,8 dalam perencanaan pembelajaran, dan nilai 3,8 dalam pelaksanaan pembelajaran. Kemampuan peserta didik meningkat dalam pembelajaran menulis proposal menggunakan model Quantum Teaching dari nilai rata-rata prates kelas eksperimen sebesar 20,00 meningkat menjadi 85,75 pada saat pascates. Adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol, pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata pascates 85,75 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata pascates 75,00. Model Quantum Teaching efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis proposal dibandingkan model Krathwohl, hal ini dibuktikan oleh Uji Mann Whitney dengan hasil signifikansi 0,000. Karena nilai Sig 0,000 < 0,05 maka hipotesis yang menyatakan bahwa model Quantum Teaching efektif dalam pembelajaran menulis proposal. Kata kunci: Model, Quantum, menulis, dan proposal.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 07 Nov 2022 04:24
Last Modified: 07 Nov 2022 04:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60894

Actions (login required)

View Item View Item