STRATEGI KOMUNIKASI RADIO PLAY99ERS MELALUI PROGRAM “PULANG SORE” (Studi Deskriptif Kualitatif di Radio Play99ers)

Gina Aulia, 182050179 (2022) STRATEGI KOMUNIKASI RADIO PLAY99ERS MELALUI PROGRAM “PULANG SORE” (Studi Deskriptif Kualitatif di Radio Play99ers). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (42kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.docx

Download (13kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx

Download (24kB)
[img] Text
COVER.docx

Download (79kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (36kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (44kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (120kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Radio Play99ers Melalui Program “Pulang Sore””. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang dilakukan program unggulan Radio Play99ers yakni program “Pulang Sore” untuk mempertahankan minat pendengar. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini peneliti menggunakan model strategi komunikasi menurut Anwar Arifin dan teori uses and gratification Herbert Blumer dan Elihu Katz. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah studi kepustakaan, observasi lapangan, wawancara dengan para informan, dan dokumentasi/data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Radio Play99ers pada program “Pulang Sore” telah melaksanakan strategi komunikasi sesuai dengan konsep empat metode penting dalam menyusun strategi komunikasi efektif menurut Anwar Arifin yaitu strategi: (1)mengenal khalayak, mereka menentukan segmentasi dari program “Pulang Sore” adalah anak muda yang baru selesai beraktivitas, sehingga mereka mencari tahu karakteristik dan apa yang dibutuhkan target pendengarnya. (2)menyusun pesan, pesan yang terdapat dalam insert program maupun pesan iklan juga disesuaikan dengan kebutuhan anak muda dengan pembawaan yang ringan dan menghibur agar mudak dipahami. (3)menetapkan metode, dalam program “Pulang Sore” yakni redudancy, canalizing, edukatif, informatif, dan persuasif. (4)penggunaan media, selain menggunakan frekuensi untuk siaran on air, juga menggunakan media online seperti website, radio streaming, dan media sosial seperti instagram, twitter, youtube, dan tiktok. Hasil penelitian strategi komunikasi Radio Play99ers tersebut memiliki keterkaitan dengan teori uses and gratification bahwa dapat disimpulkan pendengar program “Pulang Sore” aktif dalam menggunakan media nya dan strategi komunikasi yang dilakukan program “Pulang Sore” dapat memenuhi kebutuhan dan kepuasan pendengar, Kata Kunci : Play99ers Radio, Strategi Komunikasi, Pendengar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2022
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 07 Nov 2022 01:48
Last Modified: 07 Nov 2022 01:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60866

Actions (login required)

View Item View Item