ILMI, ABDUL FAJAR, 185060022 (2022) PENGARUH MEDIA INTERAKTIF ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA TENTANG ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Tema 1 Organ gerak Hewan dan Manusia dengan Subtema Organ Gerak Hewan di Kelas V. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
4. Abstrak.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
5. Abstract.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
6. Ringkesan.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
8. Bab I.pdf Download (564kB) | Preview |
|
|
Text
9. Bab II.pdf Download (483kB) | Preview |
|
Text
10. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (577kB) |
||
Text
11. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (793kB) |
||
Text
12. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
||
|
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (219kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media animasi terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V UPTD SDN 2 Loyang, Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan pendekatan Quasi Eksperiment (Eksperimen Semu). Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Sedangkan pengambilan sampel dengan teknik sampel jenuh, karena semua populasi dalam penelitian ini dijadikan sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas V UPTD SDN 1 Loyang berjumlah 25 orang sebagai kelas kontrol, dan kelas V UPTD SDN II Loyang berjumlah 25 orang sebagai kelas eksperimen. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variable bebas yaitu media animasi sedangkan variable terikat yaitu hasil belajar ipa. Teknik pengumpulan data menggunakan obsevasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan uji-t. Setelah melakukan penelitian maka peneliti mendapatkan hasil bahwa adanya pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA tentang materi organ gerak hewan dan manusia. Hal ini dapat dilihat dari hasil pos-test kelas V (kelas kontrol) memiliki nilai rata rata 9,76 sedangkan hasil pos-test kelas (Kelas eksperimen) memiliki nilai rata rata 11,76. Hasil ini juga dilihat dari perhitungan hipotesis dengan menggunakan uji “t” terhadap dua kelompok yang diperoleh nilai,thitung = 3,303 apabila dikonsultasikan dengan ttabel dengan df 47 pada taraf signifikan 5% 0,248 dengan demikian thitung > ttabel (3,303 > 1,671) yang berarti Ha diterima Ho ditolak, yaitu terdapat pengaruh menggunakan media animasi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA pada kelas V UPTD SDN 2 Loyang, Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu. Kata kunci : Media Animasi, Pembelajaran IPA, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 04 Nov 2022 09:03 |
Last Modified: | 04 Nov 2022 09:03 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60764 |
Actions (login required)
View Item |