PENGARUH PENGEMBANGAN PRODUK TERHADAP TUJUAN PENJUALAN DI BANDUNG KUNAFE

Handika Taufik Rahman, 182040051 (2022) PENGARUH PENGEMBANGAN PRODUK TERHADAP TUJUAN PENJUALAN DI BANDUNG KUNAFE. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Daftar Gambar.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Tabel.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (303kB) | Preview

Abstract

Bandung Kunafe merupakan suatu merek yang merepresentasikan produk makanan berupa kue sebagai kegiatan bisnis yang saat ini popular dijual di kalangan masyarakat terutama di Kota Bandung. Berdasarkan penelitian terdapat masalah pada tujuan penjualan yaitu: volume penjualan perusahaan selama periode dari tahun 2018-2021 mengalami fluktuatif yang cukup signifikan, dan realisasi hasil penjualan kue dari tahun 2018-2021 selama 1 tahun tidak mencapai target yang telah ditetapkan. Masalah tersebut diduga karena pelaksanaan tahapan pengembangan produk, hal itu terlihat dari kurang maksimalnya perusahaan dalam melaksanakan tahapan pengembangan strategi pemasaran yang cenderung lebih memprioritaskan penjualan produk melalui penjualan offline dibandingkan penjualan online. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pengembangan produk terhadap tujuan penjualan kue pada Bandung Kunafe. Metode penelitian yang digunakan yaitu Analisis Kuantitatif. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui penelitian kepustakaan dan lapangan meliputi: wawancara terstruktur, observasi non-partisipan, penyebaran kuesioner melalui teknik sensus dengan 20 responden. Untuk analisis datanya digunakan uji validitas dengan penggunaan MSI (methode Succes of Interval) dimana data dengan skala ordinal harus diintervalkan, uji reabilitas, uji regresi liner sederhana, uji koefisien korelasi Rank Spearman, dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian, menunjukan bahwa adanya pengaruh positif antara pengembangan produk terhadap tujuan penjualan kue menurut uji regresi liner sederhana sedangkan menurut analisis koefisien korelasi Rank Spearman sebesar 0,926 dengan N=20. Artinya antara pengembangan produk tehadap tujuan penjualan memiliki hubungan yang sedang. Selain itu didapat pula koefisien determinasi sebesar 85,75%. Hal ini menunjukan bahwa pengembangan produk memiliki pengaruh dengan tujuan penjualan kue dan sisanya 14,25% adalah faktor lain seperti: perubahan selera konsumen, faktor ekonomi masyarakan dll. Pelaksanaan pengembangan produk pada Bandung Kunafe mengalami berbagai hambatan diantaranya: Keterbatasan sumber daya manusia yang terampil, keterbatasannya talent dan ide, tingkat persaingan pasar, kenaikan harga bahan baku. Saran-saran yang dapat peneliti kemukakan yaitu mengadakan pelatihan khususnya bagi SDM, mencari sebuah referensi konten, melakukan inovasi terhadap produk penjualan dan meningkatkan kualitas, mencari kemungkinan-kemungkinan sumber dari bahan baku yang baru dengan tetap membina hubungan. (Kata Kunci : Pengembangan Produk, Tujuan Penjualan)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2022
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 03 Nov 2022 03:38
Last Modified: 03 Nov 2022 03:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60637

Actions (login required)

View Item View Item