PELANGGARAN PRINSIP KERJA SAMA DALAM DISKUSI SISWA KELAS VIII

OKTAVIANIE , ELDI PURI TRI, 185030098 (2022) PELANGGARAN PRINSIP KERJA SAMA DALAM DISKUSI SISWA KELAS VIII. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstract.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Ringkesan.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Bab I.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Bab II.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text
10. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
11. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] Text
12. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (87kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Berbahasa yang baik dan benar merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan. Adapun langkah dalam menciptakan tuturan yang efektif yaitu dengan mematuhi prinsip kerja sama yang di adopsi oleh teori Grice (1957). Pada era sekarang ini, tidak sedikit siswa yang kurang dalam memperhatikan kebahasaannya. Sebagai salah satunya, ditemukan pada siswa kelas VIII B SMP Indonesia Raya. Oleh sebab itu, dilakukanlah penelitian mengenai analisis pelanggaran prinsip kerja sama dalam diskusi siswa kelas VIII. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan realisasi pematuhan dan jenis pelanggaran prinsip kerja sama, menjelaskan faktor penyebab terjadinya pelanggaran prinsip kerja sama, serta mengetahui solusi dalam meminimalkan pelanggaran prinsip kerja sama dalam pembelajaran diskusi kelas VIII. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendakatan deskriptif. Data yang dianalisis berupa tuturan siswa pada saat pembelajaran diskusi. Sumber data pada penelitian ini merupakan siswa kelas VIII B SMP Indonesia Raya. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan adanya realisasi pematuhan prinsip kerja sama yang dilakukan oleh siswa, dengan jumlah data sebanyak 7 tuturan. Sedangkan bentuk pelanggaran prinsip kerja sama dalam diskusi siswa meperoleh data sebanyak 16 tuturan. Adapun faktor penyebab terjadinya pelanggaran prinsip kerja sama dalam diskusi siswa, meliputi: (1) Tidak fokus, (2) suasana tidak kondusif, (3) kurangnya peserta didik dalam menguasai materi, dan (4) tidak percaya diri. Selain itu, terdapat solusi dalam meminimalkan pelanggaran prinsip kerja sama dalam diskusi siswa, diantaranya: (1) sosialiasi pengenalan prinsip kerja sama, (2) mengarahkan peserta didik berturur sesuai pematuhan prinsip kerja sama, dan (3) mempraktekan komunikasi pematuhan prinsip kerja sama yang di adopsi oleh teori Grice (1957). Kata kunci : Pragmatik, Prinsip Kerja Sama, Diskusi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 01 Nov 2022 08:44
Last Modified: 01 Nov 2022 08:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60537

Actions (login required)

View Item View Item