SALSABILA, AQILLA (2022) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 042 GAMBIR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B.INDONESIA.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B.SUNDA.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (279kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (548kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (432kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (204kB) | Preview |
Abstract
Kurangnya inovasi dalam penggunaan model pembelajaran menyebabkan siswa kurang antusias dalam memahami dan memperhatikan pembelajaran yang dibuktikan dengan rendahnya hasil belajar matematika. Dengan demikian penulis tertarik untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa kelas V di SDN 042 Gambir antara siswa di kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan siswa di kelas yang menggunakan model pembelajaran biasa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, dengan subjek siswa kelas VA dan VC di SDN 042 Gambir dengan jumlah 62 siswa. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Tes berupa pretest dan posttest yang diberikan kepada masing-masing kelas subjek penelitian dengan soal yang sama. Setelah data hasil tes didapakan, penulis melakukan analisis dengan uji Independent Samples Test dengan bantuan aplikasi SPSS 16.0, didapat hasil nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Dilakukan pula uji N-Gain, didapati hasil sebesar 26,86 atau 26,9% pada kelas kontrol, sedangkan 57,45 atau 57,5% pada kelas eksperimen, maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe make a match lebih tinggi dari siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. Kata Kunci: Tipe Make A Match, Hasil Belajar, Matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022 |
Depositing User: | Mrs Nikita Nabila |
Date Deposited: | 01 Nov 2022 07:33 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 07:33 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60525 |
Actions (login required)
View Item |