PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI BERORIENTASI FENOMENA SOSIAL PADA PESERTA DIDIK SMP PASUNDAN 3 BANDUNG

LESMANA, NOGI, 185030022 (2022) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI BERORIENTASI FENOMENA SOSIAL PADA PESERTA DIDIK SMP PASUNDAN 3 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (263kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini diawali oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis dan mengarang teks eksplanasi. Hal tersebut disebabkan oleh minimnya kesadaran pendidik dalam pemilihan serta dalam menggunakan model pembelajaran yang mampu membelajarkan peserta didik. Penggunaan model pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan motivasi serta keaktifan peserta didik ketika di dalam kelas. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model contextual teaching and learning. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini tidak terlepas dari untuk menilai kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menggunakan model contextual teaching and learning pada pembelajaran menulis teks eksplanasi berorientasi fenomena sosial pada peserta didik untuk mengetahui serta meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi berorientasi fenomena sosial pada peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model contextual teaching and learning. Penelitian ini penulis laksanakan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu. Data yang diperoleh adalah data pretest dan posttest dari kelompok eksperimen dan kontrol dari kelas VIII SMP Pasundan 3 Bandung. Adapun hasil dari penelitian ini: 1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menulis teks eksplanasi berorientasi fenomena sosial pada peserta didik menggunakan model contextual teaching and learning dengan rerata 3,7 pada perencanaan dan 3,5 pada pelaksanaan; 2) kemampuan peserta didik meningkat, dengan nilai rerata pretest 18,75 menjadi 76,25 pada posttest. Dengan demikian, berdasarkan hal tersebut, model pembelajaran contextual teaching and learning dapat dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran. Kata Kunci: model pembelajaran, contextual teaching and learning, teks eksplanasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 29 Oct 2022 06:53
Last Modified: 29 Oct 2022 06:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60330

Actions (login required)

View Item View Item