MEIRZA, SHASA STANIA, 185020019 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MENGGUNAKAN TIPE INSIDE-OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA DI SMA PASUNDAN 2 BANDUNG TAHUN AJARAN 2022/2023 (Studi Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Pendapatan Nasional di Kelas XI MIPA 2). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstrak.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
9. Abstract.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
10. Abstrak Sunda.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB I.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB II.pdf Download (434kB) | Preview |
|
Text
14. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
||
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (492kB) |
||
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) |
||
|
Text
17. Daftar Pustaka.pdf Download (115kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran, serta mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMA Pasundan 2 Bandung. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Pasundan 2 Bandung, tahun ajaran 2022/2023, terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas ekperimen dan XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, pre-test dan post-test, serta dokumentasi untuk menjawab permasalah tersebut menggunakan studi kuasi eksperimen. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel independen (bebas) yaitu penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle (X) dan variabel dependen (terikat) yaitu kemampuan berpikir kritis (Y) siswa. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dibandingkan dengan siswa kelas kontrol dimana hasil post-test kelas ekperimen yaitu 86.60 sedangkan hasil belajar post-test kelas kontrol yaitu 74.29. Meningkatnya kemampuan berpikir kritis siswa dengan Pengujian hipotesis (Uji-t) post-test dapat dilihat bahwa nilai probabilitas signifikansi atau p-value sebesar 0,00 atau lebih kecil dari 0,05 atau 5% yang artinya hipotesis yang berbunyi model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle (X) pada mata pelajaran ekonomi berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis (Y) sebesar 34% pada siswa kelas XI tahun ajaran 2022/2023 di SMA Pasundan 2 Bandung. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside Circle, Kemampuan Berpikir Kritis.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 29 Oct 2022 02:56 |
Last Modified: | 29 Oct 2022 02:56 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60302 |
Actions (login required)
View Item |