AFIFAH, NURAINI DHIMAS, 185020057 (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Siswa Kelas XI RPL di SMK Negeri 1 Karawang Semester Ganjil Tahun Ajaran. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
8 Abstract.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
9. Abstrak Sunda.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB I.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB II.pdf Download (366kB) | Preview |
|
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
||
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
Text
16. Daftar Pustaka.pdf Download (132kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada Siswa Kelas XI RPL di SMK Negeri 1 Karawang bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran pada kelas eksperimen yang menerapakan model pembelajaran berbasis masalah. (2) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran pada kelas kontrol yang menerapakan model pembelajaran small group discussion. (3) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran small group discussion. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan teknik pengumpulan data menggunakan berupa instrumen test uraian. Perhitungan dalam pengolahan data dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25 for windows. Berdasarkan hasil analisis data penelitian memperoleh rata-rata nilai pretest eksperimen 52,61 dan rata-rata nilai posttest eksperimen 66,72, sedangkan rata-rata nilai pretest kontrol 66,44 dan ratarata nilai posttest kontrol 82,61. Dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan hasil ini dapat disimpulkan yang artinya ada perbedaan dari kemampuan berpikir kritis siswa antara penggunaan metode pembelajaran berbasis masalah dikelas eksperimen dengan penggunaan model diskusi kelompok kecil dikelas kontrol. Kata Kunci : Metode pembelajaran berbasis masalah, Metode pembelajaran diskusi kelompok kecil, Kemampuan Berpikir Kritis.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 28 Oct 2022 09:04 |
Last Modified: | 28 Oct 2022 09:04 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60290 |
Actions (login required)
View Item |