HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN PERILAKU KONSUMEN PENGGUNA PRODUK FASHION PADA FLORAL.ID OFFICIAL DI KABUPATEN BOGOR

Putri Wahdatun Nissa, 182040004 (2022) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN PERILAKU KONSUMEN PENGGUNA PRODUK FASHION PADA FLORAL.ID OFFICIAL DI KABUPATEN BOGOR. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PUTRI WN 182040004 Daftar Tabel.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI PUTRI WN 182040004 Daftar Isi.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI PUTRI WN 182040004 Cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI PUTRI WN 182040004 Daftar Gambar.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI PUTRI WN 182040004 Daftar Lampiran.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI PUTRI WN 182040004 Daftar Pustaka.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI PUTRI WN 182040004 Lembar Pengesahan.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI PUTRI WN 182040004 Kata Pengantar.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI PUTRI WN 182040004 Abstrak 3 Bahasa.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI PUTRI WN 182040004 BAB 1.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI PUTRI WN 182040004 BAB 2.pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

Floral.id Official merupakan brand fashion yang menjual produk fashion khusus wanita, mulai dari blouse, shirt, skirt, cullote, jeans, hijab, tas dan sepatu, Floral.id Official ini adalah brand fashion terbesar yang ada di Kabupaten Bogor Barat yang didirikan oleh Ibu Resya Mawaranti dan Bapak Dino Angga Ramadani pada tahun 2017, sehingga sesuai dengan visinya Floral.id Official selalu menyediakan produk yang inovatif dan kreatif untuk para konsumennya, dan memiliki slogan yaitu Basicly, this is what you need! Meskipun begitu, berdasarkan penelitian, peneliti menemukan masalah dalam kegiatan bisnis Floral.id Official ini yaitu masih adanya ketidakpuasan dan komplain serta perubahan perilaku konsumen kepada perusahaan, hal ini diduga karena kualitas pelayanan yang diberikan kurang memenuhi harapan konsumen, seperti pengiriman pesanan yang lama serta terdapat produk yang cacat atau reject. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dengan perilaku konsumen pengguna produk fashion pada Floral.id Official di Kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data primer yang digunakan seperti observasi non partisipan, wawancara terstruktur, penyebaran kuesioner, sedangkan teknik pengumpulan data sekunder dilakukan dengan studi kepustakaan, dokumen perusahaan dan penelitian sejenis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, metode uji validitas instrument, uji reliabilitas, uji hipotesis dengan koefisien korelasi rank spearman dan uji koefisien determinasi, dengan 60 responden dan pengumpulan data menggunakan kuesioner online Google Form. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian, dengan teknik pengujian hipotesis menggunakan uji koefisien korelasi rank spearman dan uji koefisien determinasi, bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan dengan perilaku konsumen, dan besarnya hubungan antara kualitas pelayanan dengan perilaku konsumen sebesar 45%. Sisanya 55% merupakan besarnya hubungan dari variabel lain dengan variabel perilaku konsumen yang tidak dijelaskan dalam penelitian. Hal ini menunjukkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Faktor hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan kualitas pelayanan yaitu kinerja karyawan yang kurang maksimal sehingga kualitas pelayanan yang diberikan kepada konsuemn kurang maksimal, kurangnya fokus karyawan, kemampuan kerja karyawan dalam pengemasan pesanan konsumen yang memesan secara online kurang cepat, dan lingkungan toko yang berada di perkampungan, sehingga belum tersedia lahan yang luas untuk lahan parkir konsumen yang berkunjung ke toko. Dari beberapa hambatan tersebut Floral.id Official berupaya untuk mengatasi faktor hambatan yang terjadi yaitu seperti berupaya untuk meningkatkan kinerja karyawan dengan selalu mengontrol kepada bagian produksi dan selalu memberikan breafing sebelum melakukan produksi, pemimpin perusahaan melakukan skoring kepada karyawan yang melakukan kesalahan pada proses pengemasan pesanan konsumen, memberlakukan sistem pay first get first, dan lahan-lahan yang berada di depan toko dan lahan yang berada di depan rumah warga di sekitar perusahaan dijadikan parkiran ketika konsumen berkunjung ke toko. Saran yang dapat diberikan peneliti yaitu, Floral.id Official sebaiknya memberikan pelatihan dan bimbingan kepada seluruh karyawan sesuai dengan bidang yang didudukinya, agar kinerja dan kemampuan karyawan terus meningkat, menyediakan sarana dan prasarana yang lebih menjawab kebutuhan para konsumen seperti menyediakan lahan parkir yang memadai, serta meningkatkan perhatian terhadap perilaku konsumen dengan memberikan kuesioner digital agar mempermudah konsumen untuk menilai dan memberikan saran serta harapannya terhadap perusahaan Floral.id Official. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Perilaku Konsumen

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2022
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 27 Oct 2022 06:12
Last Modified: 27 Oct 2022 06:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60137

Actions (login required)

View Item View Item